Sabtu, 21 April 2012

PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI PADA KEHIDUPAN SOSIAL BERMASYARAKAT

Dewasa ini perkembangan teknologi sudah berkembang sedemikian cepat, dalam kehidupan sehari-hari pasti erat kaitannya dengan penggunaan teknologi sebagai alat untuk mempermudah manusia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Begitu juga dengan perkembangan teknologi informasi, sudah sangat pesat kemajuannya semenjak ditemukannya komputer pada era tahun 1950-an. Hal ini semakin mempermudah manusia dalam melakukan komunikasi dengan manusia lainnya. Dalam hal berkomunikasi, setiap orang pasti memerlukan informasi, baik itu memberi atau menerima informasi. Teknologi yang digunakan khususnya di bidang informasi dan komunikasi. Teknologi informasi ini bisa berupa media massa, tv, radio, internet, serta jejaring sosial misalkan facebook dan twiter yang ada di internet. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat seolah-olah dunia ini ibarat ruang tanpa batas. Masyarakat dari berbagai negara di dunia dapat melakukan komunikasi dan berbagi informasi tanpa melihat ruang dan waktu.

Adanya kemajuan dalam perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Perubahan perilaku masyarakat ini akan semakin jelas terlihat pada jaman sekarang dibandingkan dengan jaman dulu. Masyarakat jaman dahulu dapat melakukan komunikasi dengan orang lain mungkin dengan cara mengirim surat untuk sekedar memberi kabar kepada orang lain yang jauh tempatnya. Berbeda dengan jaman dahulu, pada jaman sekarang ditengah gencar-gencarnya era globalisasi,  masyarakat semakin dimudahkan dalam melakukan komunikasi, bisa dengan sms, telepon, kirim email, chatting, dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan sosial di masa mendatang, akan ada perubahan dalam pola kehidupan masyarakat dalam menerapkan teknologi informasi. Perubahan pola itu dapat berimbas pada beberapa sektor kehidupan lainnya, antara lain, kehidupan masyarakat, dunia bisnis, perusahaan, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.

A. Kehidupan Bermasyarakat
Semakin mudahnya dalam melakukan komunikasi dengan orang lain tanpa memikirkan tempat dan waktu. Adanya jejaring sosial juga dapat dimanfaatkan untuk menjalin relasi dengan orang-orang.

B. Dunia Bisnis
Dalam hal perdagangan, perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan internet atau dikenal dengan E-Commerce.

C. Perusahaan
Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Penerapan suatu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen berbasis teknologi informasi dalam perusahaan menjadi suatu hal yang harus dilakukan, misalnya dengan menerapkan Enterprise Resource Planning (ERP).

D. Sektor Perbankan
Dalam hal perbankan, segala transaksi perbankan dapat dilakukan melalui internet atau yang biasa dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan dan informasi rekening.

E. Sektor Pendidikan
Dalam hal pembelajaran di bidang pendidikan, sering dilakukan teknologi berupa audio, video, pengolahan data, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya komunikasi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet ini memungkinkan adanya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning).

F. Sektor Kesehatan
Penggunaan sistem smart card untuk pasien dapat digunakan untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut, para medis dapat mengetahui riwayat pasien untuk penentuan diagnosis penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar