Sabtu, 21 April 2012

Penerapan Metode Pembelajaran Tematik

     

         Metode pembelajaran tematik adalah metode pembelajaran yang memadukan satu pokok bahasan ditinjau dari berbagai disiplin ilmu yang memiliki keterkaitan satu sama lain dan dikemas dalam bentuk tema-tema. Dengan pembelajaran terpadu tersebut, guru berperan memadukan dan menyatukan pemahaman / wawasan siswa terhadap sejumlah materi tanpa terkotak-kotak dengan label bidang studi tertentu. Dengan meminimalkan pengotakan antar bidang studi, berarti pengetahuan-sikap-ketrampilan yang diperoleh dari berbagai bidang studi  tidak perlu dikemas dalam paket-paket yang saling terpisah.

        Salah satu contoh penerapan metode pembelajaran tematik misalkan soal stek, mungkin saja dari pembahasan pembahasan mengenai cara bercocok tanam dengan metode stek akan muncul ide-ide lain dari para siswa. Sebisa mungkin siswa diajak mempraktekkan langsung di lapangan. kalaupun tidak bisa melakukan kegiatan praktik di luar ruangan, bisa saja  dengan cara menyajikan sejumlah materi tematik dan contohnya via media visual di dalam kelas sehingga siswa mudah menyerap pelajaran dengan baik.

       Pada dasarnya belajar tidak hanya terdiri dari teori saja. Teori dibutuhkan dalam rangka mengejar standardisasi kurikulum. Tetapi untuk mencapai tujuan-tujuan itu, perlu ada media belajarnya yang menyenangkan bagi siswa. Dengan mengedepankan hal-hal yang menyenangkan bagi siswa secara otomatis akan membantu para siswa tersebut untuk lebih mudah menyerap serta memahami pelajaran dan materi yang sedang disampaiakan guru.

        Tidak adanya pengotakan materi satu bidang studi dalam penerapan metode pembelajaran tematik ini menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi. Misalnya materi tentang proses terbentuknya kecambah tidak hanya dibahas dari sisi ilmu pengetahuan alam saja tetapi juga bisa berhubungan dengan mata pelajaran yang lain. Diharapkan dengan diterapkannya metode pembelajaran tematik ini, baik guru maupun siswa lebih banyak berinteraksi baik melalui media diskusi serta tanya jawab sehingga bisa menemukan sebuah titik temu jawaban dari berbagai sudut pandang.


Video Model Pembelajaran Inspiration modivikasi

 

Video ini menunjukkan model pembelajaran inspiration modifikasi dimana terjadi interaksi yang aktif antara pengajar dan siswa

Pengunggah :
Dika Arif Chrisnawan , NIM A.510 100 225


Tidak ada komentar:

Posting Komentar